D A R A T A N K O D E

Just Type Code

Analisis Kebutuhan

Apa itu Analisis Kebutuhan?

Analisis kebutuhan merupakan tugas sekaligus tahapan yang harus dilakukan oleh seorang sistem analis. Dimana pada tahapan ini seorang sistem analis diharuskan untuk menggali semua kebutuhan dalam pembuatan sebuah sistem. Baik itu analisis kebutuhan pengguna, analisis sistem lama atau sistem yang berjalan saat ini, maupun analisis kebutuhan sistem baru.

Analisis Kebutuhan Pengguna

Tahapan analisis kebutuhan, objek utama dalam tahapan ini adalah pengguna. Mengapa? Karena pengguna yang akan memberikan input kepada seorang sistem analis mengenai sistem lama atau sistem yang sedang berjalan sekarang, maupun sistem yang akan dibangun. Maka dari itu, analisis kebutuhan pengguna akan diutamakan oleh seorang sistem analis, mengingat pengguna merupakan objek utama dalam kegiatan analisis kebutuhan.

Lalu apa langkah pertama yang dilakukan oleh sistem analis dalam menggali kebutuhan pengguna? Identifikasi atas apa yang dapat dilakukan oleh sistem yang akan dibangun merupakan hal pertama yang harus dilakukan dalam melakukan analisis kebutuhan ini.

Dalam hal menggali kebutuhan pengguna terhadap sistem yang akan dibangun, seorang sistem analis tentunya harus memperhatikan juga akan sistem yang lama atau sistem yang sedang berjalan saat ini. Mengapa? Karena pada dasarnya pengembangan atau pembuatan sistem baru itu dipicu oleh ketidakmampuan sistem lama dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Maka dari itu, poin penting dalam hal ini yaitu seorang sistem analis harus mengetahui apa yang diharapkan atau diinginkan pengguna atas sistem yang baru yang tidak bisa dilakukan oleh sistem yang lama. Sehingga seorang analis sistem harus memahami betul sistem lama atau sistem yang sedang berjalan saat ini, guna mendapatkan pemahaman yang menyeluruh atas kebutuhan pengguna.

Analisis Sistem Yang sedang Berjalan

Mengapa harus melakukan analisis sistem yang sedang berjalan? Hal ini dilakukan karena untuk memastikan bahwa sistem yang ada saat ini sesuai dengan kebutuhan bisnis, serta pengguna merasakan kepuasan akan hal tersebut. Sistem yang ada saat ini bisa jadi masih manual, bisa juga masih menggunakan formulir ataupun sudah terkomputerisasi. Namun ada juga yang menggunakan ketiganya. Namun, apapun kondisi sistem yang ada saat ini, tetap harus dilakukan analisis guna keberlangsungan dan kegunaan sistem yang akan dibangun nantinya.

Alasan mendasar yang mengharuskan sistem lama atau yang sedang berjalan saat ini digantikan dengan sistem yang baru adalah karena sistem yang ada terkadang sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan bisnis lagi ataupun dikarenakan terus berkembangnya bisnis di suatu organisasi tidak lagi bisa dipenuhi oleh sistem yang ada sekarang. Selain itu, ada juga dikarenakan teknologi yang digunakan sudah kadaluarsa, sehingga kondisi seperti inilah yang menuntut adanya pembaruan sistem.

Walaupun demikian, pergantian ataupun pembaruan sistem dari sistem yang lama atau sistem yang berjalan saat ini ke sistem yang baru itu tidaklah mudah dilakukan. Maka dari itu butuh ketelitian dalam pengkajian analisis sistem yang sedang berjalan, agar tidak terjadi kekeliruan yang yang berakibat buruk bagi suatu organisasi.

Oleh karena itu, bagi seorang sistem analis sangatlah penting memahami bagaimana cara kerja sistem yang ada sebelum membangun sistem yang baru, guna menutupi kekurangan-kekurangan sistem yang lama atau yang sedang berjalan saat ini sehingga tidak terulang kesalahan atau kekurangan pada sistem baru nantinya.

Mengapa pergantian dari sistem lama ke sistem baru itu seringkali susah dilakukan? Karena sistem lama atau sistem yang sedang berjalan saat ini sudah dikembangkan dan digunakan dalam waktu yang cukup lama dengan berbagai penyesuaian, baik dengan pengguna ataupun dengan organisasi. Sehingga ketika diterapkan sistem baru, harus melakukan penyesuaian lagi dengan semua pihak yang terkait.

Maka dari itu, untuk mengurangi kesalahan-kesalahan ataupun benturan dalam penyesuaian dengan sistem baru, dibutuhkan adanya sebuah interface yang terhubung ke sistem lama dalam kondisi sistem lama belum bisa tergantikan dengan sistem baru. Bahkan, ada suatu kondisi yang mana sistem lama akan berjalan secara parallel dengan sistem baru sampai semua fungsi sistem baru bisa berjalan sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan yang diharapkan oleh semua pihak.

Manfaat dari analisis sistem lama atau sistem yang sedang berjalan saat ini

  • Mengetahui fungsi-fungsi sistem lama yang bisa jadi masih dibutuhkan dalam sistem yang baru
  • Mengetahui dan mendapatkan data-data dari sistem lama yang sangat penting dan harus dimigrasikan ke sistem baru
  • Dokumentasi dari sistem lama yang akan dibutuhkan untuk sistem baru
  • Mengetahui kekurangan-kekurangan sistem lama yang tentunya harus dihindari oleh sistem baru
  • Mempelajari sistem lama tentunya akan membantu memahami situasi ataupun proses bisnis dari organisasi tersebut secara umum,
  • Memahami karkater ataupun cara kerja pengguna dari cara kerja sistem lama
  • Sistem lama dapat menjadi acuan target kinerja untuk sistem baru.

Tips bagi seorang sistem analis dalam analisis sistem yang sedang berjalan

Meskipun pemahaman terhadap sistem lama atau analisis sistem yang sedang berjalan saat ini penting dilakukan karena terdapat beberapa manfaat tersebut di atas, namun jangan biarkan waktu seorang sistem analis habis untuk memahami sistem lama atau sistem yang sedang berjalan saat ini saja, karena jika terjadi seperti itu, maka seorang sistem analis akan kehilangan orientasi atas tujuan pembuatan sistem yang baru. Karena yang dihadapi bukan hanya satu orang pengguna, melainkan banyak pengguna, dan melibatkan berbagai pihak dari organisasi tersebut. Tetap harus fokus terhadap kebutuhan sistem baru. Namun penggalian sistem lama juga harus dipahami guna mengurangi kesalahan di masa mendatang pada sistem baru.

Lalu bagaimana analisis terhadap sistem baru? Mengenai topik ini akan dibahas pada postingan selanjutnya di daratankode.com

Related Post

Leave a Comment