D A R A T A N K O D E

Just Type Code

DaratanKode

Ide awal

Ketika pertama kali melihat kodingan aplikasi di kantor tempat saya bekerja, saya menyadari bahwa teknik kodingan yang saya pelajari secara mandiri dari google atau yang saya pelajari di perguruan tinggi sangat jauh berbeda dengan yang digunakan di kantor. Saya menjadi merasa pesimis bisa lolos masa uji coba. Saya merasa belum siap untuk bekerja. Hal ini yang mendorong saya untuk membuat daratankode. 

Saya ingin berbagi kepada orang-orang yang sedang belajar pemrograman mengenai bagaimana teknik kodingan yang dipakai di suatu perusahaan perangkat lunak. Pengunjung bisa mengunduh kode sumber yang dibuat oleh tim daratankode dengan syarat kode sumber yang diunduh hanya digunakan untuk belajar. Ini akan sangat membantu mereka menjadi lebih siap ketika masuk ke dunia kerja.

Ide tambahan

Setelah saya memutuskan untuk membuat daratankode, ide lain muncul untuk menambah manfaat website ini. Saya punya ide bagaimana kalau saya juga berbagi dokumen analisis dari aplikasi yang akan saya buat. Ini menjadi salah satu poin penting yang membedakan daratankode dari website berbagi kode sumber lainnya. Sama halnya dengan kode sumber, dokumen analisis yang diunduh hanya bisa digunakan untuk belajar.

Selain itu, muncul juga ide untuk menambahkan artikel atau tutorial yang dibuat oleh tim daratankode untuk membantu pengunjung memahami kode sumber dan dokumen analisis yang ada di daratankode.

Pengabdian kepada masyarakat

Setelah daratankode berhasil dibuat, muncul juga ide agar daratankode bisa bermanfaat untuk masyarakat luas. Idenya adalah bagaimana kalau daratankode juga menyediakan semacam layanan pembuatan aplikasi gratis. Masyarakat bisa meminta dibuatkan aplikasi pada tim daratankode dengan mengajukan proposal. Syarat aplikasi yang diajukan adalah aplikasinya harus aplikasi yang bermanfaat untuk masyarakat atau lingkungan dan tidak boleh digunakan untuk dijual kembali.

Tim

Untuk mewujudkan daratankode, saya tidak mungkin bisa melakukannya sendirian. Saya harus berbagi tujuan saya dengan orang lain dan bekerja sama dengan mereka. Saya kemudian mengajak dua teman kantor saya untuk menjadi analis dan dua teman kuliah saya untuk menjadi programmer. Alhamdulillah mereka semuanya bersedia untuk bergabung. Silahkan lihat halaman About Us untuk melihat nama dan wajah dari anggota daratankode.

Ini hanya awal

Kami sudah tahu dimana batas maksimal yang bisa dicapai oleh karya kami ini. Ini hanya semacam batu pijakan untuk naik ke tahap berikutnya. Ini juga bisa disebut sebagai arena latihan kami sebelum kami mewujudkan ide kami yang jauh lebih besar.

Leave a Comment