D A R A T A N K O D E

Just Type Code

Diagram Activity

Selamat datang kembali di daratankode. Kali ini kami akan membahas diagram berikutnya dari UML yaitu Diagram Activity. Sama seperti tulisan tentang Use Case diagram sebelumnya, kami akan menjelaskan cara membuat Diagram Activity secara sederhana terlebih dahulu, untuk contoh penggunaan dalam kasus tertentu akan ada di tulisan yang berbeda.

Apa itu Diagram Activity?

Diagram Activity adalah diagram yang menjelaskan tentang alur aktifitas dari suatu sistem. Pada dasarnya Diagram Activity memiliki struktur yang hampir mirip dengan flowchart. Diagram Activity ini dibuat berdasarkan sebuah use case atau dari beberapa use case dalam use case diagram.

Berikut adalah simbol-simbol yang dimiliki oleh Diagram Activity :

  1. Swimlane : Merupakan area persegi pada Diagram Activity yang mewakili seluruh aktifitas di dalamnya. Swimlane terdiri dari dua jenis yaitu horizontal dan vertikal.
  2. Starting Activity : Merupakan awal dari aktifitas di dalam sistem
  3. Action: Merupakan aktifitas yang dilakukan di dalam sistem
  4. Decision Activity : Merupakan aktifitas yang harus dipilih
  5. Concurrent Activity : Merupakan aktifitas yang dilakukan secara bersamaan atau paralel, biasanya diawali dengan synchronization bar.
  6. Synchronization bar : Merupakan simbol di dalam Diagram Activity yang digunakan untuk mengendalikan pemisahan atau penyatuan beberapa aktifitas
  7. Ending Activity : Merupakan akhir dari aktifitas di dalam sistem.
Simbol Diagram Activity

Membuat Diagram Activity pada Star UML akan sama cara penggunaannya dengan ketika kita membuat Use Case Diagram dengan star UML. Bedanya diagram yang kita pilih ketika add diagram adalah diagram activity. Kita langsung saja masuk ke pembahasan Diagram Activity yang sudah saya buat sebelumnya. Saya akan melanjutkan dengan use case yang sudah saya buat kemarin tentang penambahan data buku. Berikut Diagram Activity yang sudah saya buat :

Contoh Diagram Activity Tambah Data Buku

Penjelasan diagram diatas :

  1. Pada diagram diatas terdapat dua Swimlane (Sistem dan Petugas Perpustakaan), dimana yang terlibat dengan sistem hanya petugas perpustakaan saja tidak ada user lain.
  2. Diagram dimulai dengan simbol Starting Activity pada Swimlane Petugas Perpustakaan karena petugas yang akan memulai aktifitas penambahan data terlebih dahulu.
  3. Petugas Perpustakaan membuka Form data Buku, kita gambarkan dengan Action State
  4. Selanjutnya sistem akan menampilkan Form Data Buku
  5. Setelah Form untuk memasukkan data sudah terbuka, maka Petugas Perpustakaan Memasukkan data buku
  6. Petugas memilih tombol simpan untuk menyimpan data
  7. Sistem menyimpan data tersebut
  8. Proses selesai, ini digambarkan dengan simbol ending activity.

Semakin besar sistem yang kita buat akan semakin banyak aktifitas yang akan dibuat juga. Untuk mengurangi kesalahan dalam pembuatan diagram, maka kita diharuskan menganalisa sistem dengan baik, caranya dapat teman-teman baca di tulisan Analisa Kebutuhan.

Diagram selanjutnya yang akan saya bahas adalah Sequence Diagram. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya, masukkan teman-teman dapat dituliskan di kolom komentar kami. Nantikan tulisan lainnya di daratankode.com dan cek Instagram kami @daratankode untuk update tulisan terbaru dari kami.

Related Post

Leave a Comment