D A R A T A N K O D E

Just Type Code

pengenalan-uml

Apa itu UML ?

Pada artikel ini kami akan mengenalkan salah satu bahasa pemodelan berorientasi objek yang sering digunakan untuk membuat design system oleh para System Analyst yaitu UML. UML adalah kependekan dari Unified Modeling Language. UML memiliki banyak diagram yang saling terikat satu sama lain. UML dikembangkan untuk membantu para pengembang sistem dan perangkat lunak untuk menentukan, memvisualisasikan, membangun dan mendokumenntasikan sistem perangkat lunak.

Asal usul UML (Unified Modeling Language)?

Secara sederhana UML berasal dari gabungan ide para penemunya. Beberapa pihak yang terlibat diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Teknik Pemodelan Objek (OMT) oleh James Rumbaugh.
  2. Booch oleh Grady Booch pada.
  3. OOSE (Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek) oleh Ivar Jacobson

Pada tahun 1994 James dan Booch bekerja sama menggabungkan ide-ide mereka menjadi satu metode terpadu. Pada tahun 1995, Ivar Jacobson ikut bergabung dengan Rational dan ide-idenya juga dimasukkan kedalam metode terpadu baru sampai sekarang disebut dengan Bahasa Pemodelan Terpadu. Tim mereka bertiga juga dikenal sebagai “Three Amigos”.

Rational kemudian mendirikan konsorsium Mitra UML dengan beberapa organisasi yang bersedia untuk bekontribusi pada UML 1.0. Berikut beberapa mitra yang berkontribusi paling besar : Digital Equipment Corp, HP, i-Logix, IntelliCorp, IBM, Komputasi ICON, MCI Systemhouse, Microsoft, Oracle, Relation, Texas Insturments dan Uniysis.

Dari kolaborasi ini kemudian menghasilkan UML 1.0 yang merupakan bahasa pemodelan yang terdefinisi dengan baik, ekspresif, kuat dan dapat diterapkan secara umum. Pada tahun 1997 UML dijadikan sebagai standar bahasa pemodelan.

Mengapa UML?

Berikut adalah beberapa tujuan dari penggunaan UML ini yang sudah diringkas oleh Page-Jones dalam Desain Berorientasi Objek Fundamental di UML :

  1. Memberikan pengguna bahasa pemodelan visual yang siap digunakan
  2. Bebas dari bahasa pemrograman dan proses pengembahan tertentu
  3. Bahasa pemodelan yang mudah dipahami
  4. UML mendukung konsep pengembangan tingkat yang lebih tinggi seperti kolaborasi, kerangka kerja, pola dan komponen.

Gambaran Umum UML (Unified Modeling Language)

Hal yang harus diperhatikan pertama mengenai UML ini adalah adanya banyak diagram yang akan digunakan nantinya. Alasan adanya banyak diagram adalah untuk melihat suatu sistem dari berbagai sudut pandang yang berbeda. UML juga menyediakan bahasa yang sangat ekspresif sehingga semua pihak yang terlibat dapat mendapatkan keuntungan dari setidaknya satu diagram UML

UML memiliki dua jenis diagram yaitu Diagram Struktur dan Diagram Perilaku. Diagram Struktur adalah diagram yang menunjukkan struktur statis dari suatu sistem dan bagian-bagiannya pada tingkat abstraksi dan implementasi yang berbeda. Elemen-elemen yang ada pada diagram ini merepresentasikan konsep-konsep dari suatu sistem. Terdapat tujuh jenis diagram struktur yaitu Class Diagram, Component Diagram, Deployment Diagram, Object Diagram, Package Diagram, Composite Structure Diagram dan Profile Diagram .

Sedangkan Diagram Perilaku adalah diagram yang menunjukan perilaku dinamis dari suatu objek dalam suatu sistem, yang dapat digambarkan sebagai rangkaian perubahan sistem dari waktu ke waktu. Ada tuju jenis diagram yang termasuk diagram perilaku yaitu Use Case Diagram, Activity Diagram, State Machine Diagram, Sequence Diagram, Communication Diagram, Interaction Overview Diagram dan Timing Diagram.

Penjelasan mengenai masing-masing diagram akan kami jelaskan di tulisan selanjutnya. Masukkan dari teman-teman akan membantu kami untuk terus berkembang dan semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya.

Source : What is UML?

Related Post

Leave a Comment