D A R A T A N K O D E

Just Type Code

Pada artikel kali ini saya akan membahas Software-software yang dapat membantu dalam membuat UML Diagram. Software-software yang saya jelaskan disini semuanya berbasis Open Source. Saya akan membahasnya sesuai dengan urutan abjad. Langsung saja kita mulai dengan software pertama yaitu ArgoUML.

ArgoUML

ArgoUML adalah salah satu aplikasi diagram UML open source yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java dan didistribusikan di bawah Eclipse Public License (EPL) 1.0. ArgoUML sudah mendukung untuk semua diagram UML versi 1.4 standar.

Antarmuka AgroUML
Antarmuka Agro UML

ArgoUML memiliki antarmuka yang terdiri dari 4 panels, yaitu :

  1. Kiri Atas : Menampilkan list dari file project
  2. Kanan Atas : Editor project
  3. Kiri Bawah : Daftar “yang harus dilakukan” dari desainer
  4. Kanan Bawah : Detil objek yang dipilih dalam diagram atau item “yang harus dilakukan” yang dipilih

Diagram yang disupport oleh ArgoUML diantaranya:

  1. Class Diagram
  2. State Diagram
  3. Use Case Diagram
  4. Activity Diagram
  5. Collaboration Diagram
  6. Deployment Diagram, dan
  7. Sequence Diagram

Download AgroUML disini

ATL

ATL adalah kependekan dari ATLAS Transformation Language. ATL adalah bahasa transformasi model dan toolkit yang dikembangkan dan dikelola oleh OBEO dan AtlanMod. ATL menyediakan cara untuk menghasilkan sekumpulan model target dari sekumpulan model sumber. Sama seperti AgroUML, ATL juga dirilis di bawah Eclipse Public License (EPL). Sampai 22 juni 2020 ATL sudah sampai versi 4.2.1

ATL Operational Context

Download ATL disini

Dia

Dia adalah salah satu software open source untuk membuat diagram UML. License software dipegang oleh GPL (General Public License). Rilis pada tanggal 31 Agustus 1998. Dibuat oleh Alexander Larsson dengan menggunakan bahasa pemograman C dan dapat berjalan di Windows, OS X, Linux dan Unix. Fitur yang dimiliki oleh DIA adalah untuk membuat flowchart, network diagrams, circuit diagrams dan masih banyak lainnya. Dia dapat disimpan dalam beberapa format diantaranya : EPS (Encapsulated PostScript), SVG (Scalable Vector Graphics), DXF (Autocad’s Drawing Interchange Format), CGM (Computer Graphics Metafile), WMF (Windows Meta FIle), PNG (Portable Network Graphics), JPEG (Joint Photographic Experts Group), VDX (Microsoft’s XML for Visio Drawing)

Dia 0.97

Download DIA disini

JetUML

JetUML adalah tool UML yang dikembangkan asli sebagai java desktop application untuk penggunaan pendidikan dan profesional. Proyek ini dirilis pada januari 2015. Nama JetUML berkaitan dengan tujuan utama alat tersebut yaitu membuat sketsa diagram UML secara cepat. JetUML merupakan salah satu perangkat lunak gratis dan berbasis Open Source di bawah lisensi Publik Umum GNU (GPL)

JetUML

Download JetUML disini

Modelio

Modelio adalah software UML berbasis Open Source yang dikembangkan oleh Modeliosoft yang berada di Pasir, France. Modelio mendukung UML2 dan BPMN Standars. Inti dari perangkat modelio ini dirilis di bawah GPLv3 pada tanggal 5 oktober 2011 dan Key APIs dirilis dibawah Apache License 2.0.

Modelio

Download Modelio disini

NClass

NClass adalah software open source untuk membuat UML Class Diagram untuk aplikasi C# dan Java. NClass dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman C# dan membutuhkan .NET Framework 4.0. NClass hanya mendukung class diagram saja. Hasil dari NClass dapat beruba JPEG, PNG atau Windows Metafile. Lisensi NClass berada di bawah GPL.

NClass

Download NClass disini

Open ModelSphere

Open ModelSphere adalah sebuah data, proses dan alat untuk memodelkan UML. Open ModelSphere ditulis dalam bahasa Java dan didistribusikan sebagai Software gratis di bawah lisensi GPL. Februari 2002, SILVERRUN ModelSphere 1.0 dirilis, penambahan model relasi. July 2002, SILVERRUN ModelSpeher 2.0 dirilis adanya penambahan pemodelan proses bisnis. September 2008, Open ModelSpehere 3.0 dirilis Open Source. November 2009, Open ModelSphere 3.1 dirilis dengan tampilan baru dan mekanisme baru untuk memfasilitasi pengguna plugins. January 2016, Open ModelSphere 3.2.2 dirilis.

Open ModelSphere

Download Open ModelSphere disini

Papyrus

Papysrus adalah Open Source UML2 Tool yang berbasis Eclipse dan berada di bawah lisesnsi EPL. Dikembangkan oleh Laboratory of Model Driven Engineering for Embedded Systems (LISE) yang dimana dia adalah bagian dari French Alternative Energies and Atomic Energy Commission (CEA-List).

Papyrus

Download Papyrus disini

PlantUML

PlantUML adalah software untuk membuat UML diagrams secara gratis di bawah lisensi GNU GPL. PlantUML mendukung pembuatan Sequence Diagram, Usecase Diagram, Class Diagram, Activity Diagram, Component diagram, State diagram, Object diagram, Deployment diagram, dan Timing diagram.

Sequence Diagram menggunakan PlantUML

Download PlantUML disini

UML Designer

Dikembangkan oleh obeo dan saat ini memiliki versi 9.0.0 yang dirilis pada 30 januari 2019. Memiliki Lisensi dibawah EPL.

UML Designer

Download UML Designer disini

UMLet

UMLet didistribusikan oleh GNU GPL. UMLet dapat mengeksport diagram kedalam bentuk gambar (eps, jpg) drawing formats (svg) dan format dokumen (PDF). UMLet memiliki 12 versi rilisan, dimana rilisan terakhir adalah versi 14.3.

UMLet

Download UMLet disini

Umple

Umple dikembangkan oleh Cruise Group dalam Departement of Electrical Engineering and Computer Science. Pertama dikenalkan pada tahun 2008. Lisensi Umple berada di bawah MIT License. Pada 23 Juli 2020 Umple sudah rilis sampai versi 1.30.0.

Umple

Download Umple disini

WhiteStarUML

StarUML dikembangkan oleh MKLab dan memiliki lisensi di bawah GNU GPL. Dapat dijalankan di windows, macOS dan linux. Pada saat ini versi yang dimiliki oleh StarUML adalah v3.2.2 yang dirilis pada 14 januari 2020. StarUML mendukung semua diagram UML.

StarUML

Download StarUML disini

StarUML merupakan software terakhir yang saya bahas pada tulisan kali ini. Saya sendiri menggunakan StarUML dan Enterprise Architecture (EA) untuk membuat diagram UML. EA sendiri akan dibahas di tulisan selanjutnya karena EA merupakan aplikasi berbayar jika ingin menyalakan fitur lengkapnya. Sekian untuk tulisan kali ini, kritik dan segala bentuk masukkan dapat ditulis di kolom komentar.

Untuk membaca tulisan tentang UML dapat dibaca disini

Related Post

Leave a Comment