D A R A T A N K O D E

Just Type Code

Apa itu teknik penggalian kebutuhan?

Teknik penggalian kebutuhan yaitu suatu cara yang dilakukan oleh seorang analis untuk mendapatkan kebutuhan guna membangun ataupun merancang suatu sistem informasi. Namun sebelum menggali kebutuhan, langkah terbaik yang harus dilakukan oleh seorang analis adalah memahami latar belakang dari organisasi yang akan dianalisis. Jika seorang analis berasal dari internal organisasi, maka sudah tentu memiliki pemahaman yang baik tentang organisasi tersebut. Namun jika seorang analis berasal dari luar atau bertindak sebagai konsultan luar, maka tugas pertamanya adalah memahami latar belakang organisasi tersebut.

Dalam halnya melakukan pemahaman atas latar belakang suatu organisasi, maka langkah apa saja yang harus dilakukan seorang analis sistem?

Berikut dibawah ini adalah tugas seorang analis sistem yang harus dilakukan dalam memahami latar belakang suatu organisasi:

  • Mengumpulkan laporan-laporan resmi organisasi
  • Mendapatkan dan memahami struktur organisasi
  • Mempelajari manual kebijakan organisasi
  • Memahami deskripsi kerja
  • Memahami dokumentasi sistem yang sudah ada.

Memahami latar belakang suatu organisasi merupakan hal penting bagi seorang analis sistem karena merupakan awal penentuan dan akan menjadi tolak ukur dalam menjalankan tugas seorang analis sistem kedepannya.

Setelah memahami latar belakang organisasi, maka seorang analis sistem akan dihadapkan pada tugas selanjutnya, yaitu menggali kebutuhan. Berikut beberapa teknik penggalian kebutuhan yang digunakan oleh seorang analis sistem:

  • Interview

Interview merupakan teknik yang paling banyak dilakukan oleh seorang analis dalam menggali kebutuhan. Meskipun dalam teknik ini memerlukan keterampilan dan sesitifitas, namun hasil dari interview ini biasanya mendapatkan informasi secara mendalam tentang sistem yang ada saat ini dan kebutuhan orang-orang atas sistem yang akan dibangun atau sistem yang akan dibangun.

  • Observasi

Observasi ini merupakan kegiatan analis dalam mengamati secara langsung atas orang-orang ataupun user. Dengan melakukan observasi ini, maka analis sistem akan mendapatkan informasi-infromasi apa saja yang digunakan oleh user guna melaksanakan tugasnya, serta keluaran seperti apa yang dihasilkan dari informasi tersebut. Selain itu, dengan melakukan obervasi ini, maka akan terlihat dokumen apa saja yang digunakan dan yang dihasilkan dalam suatu proses, dan bermuara ke mana, serta bagaimana sistem yang ada dapat memenuhi kebutuhan user saat ini. Selain itu, teknik observasi ini dapat digunakan sebagai verifikasi atas pernyataan yang didapat ketika melakukan interview, serta observasi merupakan teknik terbaik untuk mendapatkan gambaran proses dari awal sampai akhir.

  • Penyebaran Quesioner

Penyebaran quesioner merupakan teknik yang digunakan sebagai pengganti interview, dimana penyebaran quesioner ini dapat dilakukan apabila jumlah user yang akan diwawancara sangat banyak dan bekerja pada bagian-bagian yang terpisah cukup jauh, sehingga lebih dipilih teknik penyebaran quesioner. Pada dasarnya quesioner yang dibuat untuk menggali kebutuhan user akan sistem yang baru merupakan pertanyaan-pertanyaan yang berisikan jawaban (Ya/Tidak). Hasil dari penggalian kebutuhan ini selanjutnya perlu dibuatkan model untuk merepresentasikan sistem yang baru yang diinginkan pengguna. Model yang dibangun oleh seorang analis ini digunakan untuk menentukan kebutuhan pengguna sehingga terlihat apa yang bisa dikakukan oleh sistem yang baru dalam membantu user dalam menjalankan tugasnya.

Related Post

Leave a Comment